Soal dan solusi Python: Konversi Bilangan Desimal ke Biner

Posted on

Bilangan desimal merupakan bilangan dengan basis 10 yang terdiri dari 10 angka, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Bilangan desimal ini merupakan sistem bilangan yang biasa kita kenal sehari-hari. Komputer atau perangkat digital lainnya memiliki sistem bilangan yang disebut dengan biner (binary) yang hanya mengenal 2 status, yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan ini disebut dengan bit (binary digit).

Untuk mengubah sistem bilangan desimal ke dalam biner dapat menggunakan perhitungan matematika sisa bagi. Contoh 20 (desimal) hendak diubah ke dalam biner:

20 : 2 = 10, sisa 0
10 : 2 = 5, sisa 0
5 : 2 = 2, sisa 1
2 : 2 = 1, sisa 0
1 : 2 = 0, sisa 1

Hasil dari 20 desimal dalam biner adalah 10100.

Logika yang digunakan adalah dengan membagi 2 bilangan desimal sampai 0 dengan menyimpan sisa baginya. Bilangan biner dihasilkan dari sisa bagi yang dibaca dari akhir.

Python memiliki fungsi khusus untuk mengubah nilai desimal ke dalam biner, yaitu bin. Untuk mendapatkan nilai biner dari suatu bilangan desimal, dapat menggunakan perintah bin(x), di mana x adalah bilangan desimal yang hendak diubah ke biner.

Contoh tampilan:

Seperti terlihat pada tampilan, yang dihasilkan dari perintah bin(10) adalah suatu string yang diawali dengan 0bxxxx. Untuk menghilangkan 0b dan mendapatkan binernya, dapat menggunakan perintah:

bin(x)[2:]

Tampilan yang didapatkan:

Cara lain untuk mengubah desimal ke biner menggunakan python adalah dengan membuat coding menggunakan logika pembagian.

a = 10
b = ''
while a>0:
  if a % 2 == 0:
    b = '0' + b
  else:
    b = '1' + b
  
  a = a / 2

print b

 

Tampilan:

Gravatar Image
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ma Chung, Malang - www.machung.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *