Pemrograman Dasar: Pencarian Sequential pada List di Python

Posted on

Pada dasarnya metode pencarian beruntun (sequential search) adalah proses membandingkan setiap elemen larik satu per satu secara beruntun, mulai dari elemen pertama, sampai dengan elemen terakhir atau elemen yang dicari sudah ditemukan. Sebagai ilustrasi perhatikan list berikut:

Misalkan nilai yang akan dicari adalah 77, maka akan dilakukan pencarian mulai dari elemen ke 1 (11), elemen ke 2 (35), elemen ke 3 (42), dan elemen ke 4 (77). Hingga elemen ke 4 ini, proses pencarian akan dihentikan karena nilai yang dicari (77) sudah ditemukan pada elemen ke 4. Proses mencarian dengan metode pencarian beruntun ini, akan selalu dimulai dari elemen ke 1, sehingga jika akan dilakukan pencarian kembali, proses pencarian akan diulangi lagi dengan melakukan pengecekan dari elemen ke 1.

Kode berikut menerapkan metode pencarian beruntun untuk mencari sebuah nilai pada suatu list.

# Program pencarian beruntun

a = [10, 4, 2, 3, 7, 1, 6, 8]

cari = input("Masukkan nilai yang dicari: ")
ketemu = False
for i in range(0, len(a)):
  if cari == a[i]:
    ketemu = True
    break

if ketemu:
  print "Nilai: ", cari, "berhasil ditemukan"
else:
  print "Nilai: ", cari, "tidak ditemukan"

Pada kode di atas, sebuah list didefinisikan dengan elemen 10, 4, 2, 3, 7, 1, 6, dan 8. Berikutnya kode program akan meminta masukan nilai yang akan dicari di dalam list. Variabel ketemu merupakan yang bertipe Boolean yang berfungsi sebagai flag apakah nilai yang dicari sudah ditemukan atau belum.

Proses perulangan dilakukan dengan menggunakan perintah for, yaitu dengan melakukan penelusuran mulai dari elemen ke-0 sampai elemen terakhir. Untuk setiap elemen, akan dibandingkan apakah nilai yang dicari sama dengan elemen yang ada di dalam list. Jika sama, maka flag ketemu akan diberi nilai True dan perulangan dihentikan. Jika sampai akhir elemen tidak menemukan nilai yang dicari, maka flag ketemu tetap bernilai false.

Di akhir program dilakukan pengujian terhadap nilai flag. Jika nilai flag bernilai true, maka ditampilkan nilai yang dicari berhasil ditemukan, jika tidak akan ditampilkan nilai yang dicari tidak ditemukan.

Catatan:

Untuk mencari nilai pada suatu list bisa dengan menggunakan perintah in. Contoh: 4 in [1, 2, 3, 4, 5] akan menghasilkan nilai True karena angka 4 ada di dalam list [1, 2, 3, 4, 5]. Kode program di atas merupakan penerapan algoritma pencarian pada Python.

Gravatar Image
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ma Chung, Malang - www.machung.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *