Mengenal Variabel Pada Algoritma atau Bahasa Pemrograman

Posted on

Variabel (peubah) merupakan suatu wadah untuk menampung suatu nilai. Nilai pada variabel dapat diubah dengan operasi tertentu. Sebelum memberikan nilai pada variabel, perlu didefinisikan terlebih dulu jenis variabel tersebut. Pada Bahasa pemrograman Python, jenis variabel tidak perlu didefinisikan terlebih dulu. Pemberian nilai pada sebuah variabel akan secara otomatis menentukan jenis variabel tersebut.

Beberapa jenis variabel yang umum digunakan antara lain:

  1. Integer (bilangan bulat). Variabel berjenis bilangan bulat hanya dapat menampung bilangan bulat seperti -4, 2, 1, 100, 1240, dan sebagainya. Jika ada operasi pembagian terhadap bilangan bulat, maka hasilnya akan selalu bilangan bulat. Pada Pyton saat variabel diberikan nilai bilangan bulat, otomatis variabel tersebut akan bernilai integer. Contoh a = 10.
  2. Float (bilangan pecahan). Variabel berjenis float digunakan untuk menyimpan nilai pecahan. Operasi pembagian pada variabel ini akan menghasilkan bilangan pecahan. Contoh: a = 1.0 (pemberian desimal digunakan untuk membedakan dengan variabel berjenis bilangan bulat).
  3. Untai (string). Variabel bertipe untai dapat digunakan untuk menampung suatu teks. Nilai pada variabel berjenis string harus diapit dengan tanda kutip (kutip tunggal atau ganda). Contoh variabel berjenis string antara lain, variabel nama, alamat, no telp, dsb. Contoh: a = “hello” atau a = ‘hello’. Variabel bertipe untai dapat diberikan nilai angka, misal: a = “100”. Namun nilai tersebut tetap diperlakukan sebagai teks dan tidak dapat dioperasikan dengan operasi matematika.

Untuk memberikan nilai pada variabel digunakan tanda = . Pemberian nilai dapat dilakukan pada lebih dari 1 variabel sekaligus. Contoh:

a, b = 3, 4
a = b = c = 0.0

Pada baris pertama dari kode di atas, nilai a akan bernilai 3 dan nilai b akan bernilai 4. Masing-masing variabel berjenis integer. Di baris ke-2, nilai a, b dan c akan diubah menjadi 0 dan masing-masing variabel berjenis float.

Ilustrasi variabel dan operasi penjumlahan

Gravatar Image
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ma Chung, Malang - www.machung.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *